4n0n9's Journal, 26 January 2019

#Repost from ig @arbiarso
・・・
AWAS KENA INI!
.
Orthorexia Nervosa adalah obsesi berlebihan yang tidak sehat terhadap makanan sehat, dan sebuah dedikasi ekstrim terhadap diet yang ekstrim yang sering sekali menyebabkan tubuh justru kehilangan nutrisi penting.
.
Istilah ini dipopulerkan oleh pakde Steven Bartman, M. D., pada tahun 1997. Pakde Steve bilang kalau pembatasan makanan demi kesehatan bisa punya konsekuensi yang tidak sehat.
.
Tanda-tanda orang yang cenderung terkena Ortho biasanya sangat kaku dengan dietnya, fanatik terhadap protokol diet tertentu, melabeli makanan menjadi sehat/tidak sehat, baik/buruk, bersih/kotor. Biasanya juga mengeliminasi atau anti pada makanan tertentu. Misalnya lemak, garam, gula, daging, dairy seperti susu, atau yang lainnya.
.
Selain mengeliminasi, biasanya juga mewajibkan untuk makan makanan tertentu yang dilabeli sehat. Misalnya harus makan kale, harus makan yang ditanam di bumi, bahkan harus melibatkan produk tertentu. Terus sangat concern dengan label pada produk.
.
Setelah itu biasanya diikuti dengan penyesalan setelah makan makanan yang "dilabeli" buruk, kotor, atau tidak sehat. Keputusan yang diambil biasanya melakukan pembersihan/detox. Biasanya juga, tandanya adalah dengan menghabiskan waktu berjam-jam mau makan sehat apa di waktu berikutnya.
.
Ujungnya, ada kaitan dengan bentuk tubuh atau berat badan tertentu, meskipun tidak selalu.
.
Kebiasaan makan yang "seperti sehat" ini, bisa memicu banyak konsekuensi tidak sehat seperti masalah otot jantung, lonjakan gula darah, masalah syaraf, kerusakan beberapa hormon, fagal ginjal, dan lain-lain. Belum lagi masalah psikologis dan sosial, seperti pembatasan pergaulan atau nyinyir.
.
Untuk menentukan Kamu terkena Ortho, jelas perlu ahli yang secara formal mendiagnosa Kamu. Tapi paling tidak, Kamu bisa aware melalui ciri-cirinya (hayo cek, masuk tanda-tanda nggak?).
.
Itulah alasan kenapa Saya tdk melabeli makanan atau memusuhi makanan tertentu. Tidak ngoyo/ terlalu berobsesi terhadap makanan. Memahami kebutuhan tubuh dan juga pikiran. Dan yang paling penting adalah sustainable & balance.

Diet Calendar Entries for 26 January 2019:
1365 kcal Fat: 62.22g | Prot: 99.93g | Carb: 105.51g.   Breakfast: Diabetasol Sweetener, Kopi (Diseduh dari Bubuk), Sari Roti Roti Tawar (74g). Lunch: Bimoli Minyak Goreng, Daun Bawang, Jamur, Indomaret Jamur Kuping, Selada Kol, Dada Ayam. Dinner: Emping Melinjo, Terong Goreng. Snacks/Other: Tahu Kukus, Lemak Babi, Irisan Daging Babi (Biasa, Kira-Kira 11% Lemak), Duku, Pisang, Diabetasol Sweetener, Kopi (Diseduh dari Bubuk). more...
1500 kcal Activities & Exercise: Walking (moderate) - 3/mph - 15 minutes, Weight Training (moderate) - 20 minutes, Resting - 16 hours and 55 minutes, Sleeping - 6 hours and 30 minutes. more...

7 Supporters    Support   

Comments 
nah lo 😆🙈 
26 Jan 19 by member: xxdxxexx

     
 

Submit a Comment


You must  sign in to submit a comment
 

Other Related Links

Members



4n0n9's weight history


Get the app
    
© 2024 FatSecret. All rights reserved.